Penyebab Kegagalan Siswa Dalam Belajar
Halo Sobat Sambi, Kali ini saya Akan Membahas Tentang Penyebab Kegagalan Siswa Dalam Belajar. Tau Nggak sih Banyak Orang di luar sana belajar Mati-matian, Dari Pagi sampai pagi lagi namun hasil nya masih Zonk? Atau ada Juga Orang yang keliatannya Nggak pernah belajar malah Dapet Nilai yang lebih Bagus. Nah kali ini kita akan bahas masalah tersebut, baca Terus sampai selesai biar kalian nggak nyesel.
Menurut kamu mempelajari ilmu pengetahuan itu penting gak sih? Kamu seneng gak kalo bisa ngerti macam macam, mulai dari fisika kuantum, sampe ekonomi makro. Menarik gak sih kalo kamu bisa jelasin cara kerja teknologi yang kita pake sehari hari, kenapa pesawat bisa terbang? Gimana data dikirim lewat internet, kalo kamu kaya kebanyakan pelajar di indonesia kamu tentunya akan merasa ini penting.
Minat dan motivasi mempelajari sains dari para pelajar di indonesia itu tinggi skor rata ratanya sekitar 93,75 dari 100. Waktu belajar sains pun katanya seneng banget skornya 88,2, cuman nih kepercayaan diri pelajar indonesia tentang seberapa paham mereka tentang sains dan apakah mereka bisa mengaplikasikan sains di kehidupan sehari hari Itu rendah skornya cuman 11. Minat belajarnya tinggi pas belajar katanya seneng tapi kepercayaan diri akan kemampuannya itu rendah.
Nah kenapa ini bisa terjadi? Apa yang harus di lakuin supaya Motivasi bisa sejalan dengan prestasi?
Jadi apa yang bikin proses pembelajaran itu gak efektif? Menurut Dr.Steven carrol dari santaclara university, ada 3 penyebab yang jelas.
Pertama, Pembelajaran pasif
Pelajar cuman dengerin aja dari intruktur atau gurunya terus udah deh gak di cek pelajarannya ngerti apa engga.
Kedua, Kebiasaan belajar
Kita kebiasaaan maunya di suapin aja ,gak bisa belajar mandiri kalo gurunya gak ngasih tau, gak mau cari tau sendiri. Di tambah lagi kalo belajar juga cuman hafalan doang cuman sampai “Lower Order Thinking Skill”
Ketiga, Motivasi
Biasanya lama lama karna ngerasanya belajar udah susah payah nih tapi nilainya udah jelek jelek aja akhiirnya makin malas dan makin gak pd deh dalam belajar.
Oh iya tadi kita tadi nyinggung dikit soal “Lower Order Thinking Skill” atau kemampuan berfikir tingkat rendah. Nah semakin tinggi kemampuan berfikir kamu memang semakin bikin panas otak pas belajar tapi manfaatnya bisa buat jangka panjang di kehidupan kamu dan bisa di terapin untuk hal hal lain. Misalnya kalo kamu belajar kimia dan sekedar ngafal ngafalin struktur hidrokarbon suatu sat kamu akan lupa. Tapi kalo kamu belajar kenapa nama struktur yang kaya gitu, apa aturan dan pola pikir di baliknya Itu bakalan ngerubah cara kamu berfikir dan nyelesaikan masalah
Jadi inilah yang akan tersisa di otak kamu jauh setelah kamu lulus sekolah dan lupa semua pelajaran. Nah tapi menurut profesor yang sering menyuarakan tentang pentingnya meta learning di forum forum pengajaran di amerika serikat ini akar permasalahan kenapa belajar gak efektif Itu adalah karna siswa tidak di ajari cara belajar yang efektif itu sendiri, menurutnya dengan memakai 15 sampai 45 menit perminggu untuk ngajarin gimana cara belajar yang efektif, Itu bisa ningkatin prestasi di kelas sebesar 10 sampai 20%. Ini seperti mundur selangkah supaya kamu bisa maju 3 langkah. Misalnya seminggu kamu punya 4 jam untuk belajar ekonomi, kalo 4 jam itu langsung di pakai buat belajar materi nilai kamu cuman 70, tapi kalo 45 menit kamu pake buat belajar cara belajar yang efektif biarpun nantinya kamu cuman belajar materi selama 3 jam 15 menit nilai kamu jadi 84, Sama aja kaya motong motong bawang nih kalo pisaunya tajam kan lebih cepat motongnya dari pada pake pisau tumpul.
Jadi tajamin dulu pisaunya dan inilah yang sebenernya sedang jadi perhatian di dunia pendidikan internasional bagaimana membuat pelajaran fokusnya. Karna sebenernya kan yang namanya belajar itu prosesnya terjadi di alam pikiran masing masing siswa, gurunya nerangin A si budi mikirnya B si wati mikirnya C beda bedaa. Alfie kohn seorang penulis mengatakan bahwa yang penting bukanlah apa yang kita ajarkan tapi apa yang mereka pelajari dan kemungkinan terjadinya pembelajaran yang benar akan lebih tinggi ketika siswa punya pilihan tentang apa yang di pelajari dan proses mempelajarinya. Fokus ke learning inilah yang katanya bisa menjadi solusi buat indonesia yang tertinggal 128 tahun dari negara maju. Jadi yang penting adalah setiap murid harus bertanggung jawab atas proses belajarnya sendiri.
Nah ke gimana sih yang di sebuut bertanggung jawab sama proses belajar itu?
Proses belajar yang efektif itu bisa di gambarkan dengan siklus.
1. Kamu melakukan sebuah aktivitas entah itu menonton video ,baca baca buku, dengerin guru nerangin atau ngerjain soal.
2. Harus ada proses review untuk ngecek seberapa tapat pemahaman kamu seberapa benar soal yang kamu kerjakan, dan biasanya ini di lakukan lewat dialog atau tugas bersama guru.
3. Harus ada proses refleksi untuk memaknai, untuk tau kamu salahnya dimana dan bagaimana cara memperbaiki pemahaman kamu.
4. Kamu harus tau cara nerapin pemahaman baru yang udah di koreksi ini, kalo kemaren salah hari ini coba lagi ngerjain soal yang sama dengan cara yang benar.
Dan hasil dari 4 proses ini akan kamu pakai lagi untuk aktivitas belajar kamu selanjutnya Untuk materi materi berikutnya. Ini adalah siklus belajar yang efektif, caranya bisa macem macem aktivtasnya macam macam.
Nah dengan prinsip meta learning kamu melakukan siklus ini untuk proses belajar kamu sendiri, kamuu harus siap ber experimen dengan berbagai cara dan kebiasaan belajar, melakukan review atau meninjau seberapa ampuh, terus belajar lagi cara belajar yang lebih manjur, dan akhirnya kamu terapin, dan ini semua jadi tanggung jawab kamu sendiri bukan tanggung jawab guru kamu untuk bisa ngasih tau gimana cara belajar yang paling cocok buat masing masing siswa. Harus kamu sendiri yang ngetes dan ngerasain mana yang paling cocok sama kepribadian kamu, apalagi sekarang ini kamu bisa mengexplorasi berbagai hal, bisa googling sendiri cari materi,nonton youtube atau dowload aplikasi belajar.
Jadi di era teknologi udah bukan jamannya kamu cuman bergantung sama pembelajaran di kelas doang. Nah tentunya untuk bisa menerapkan meta Learning ini kamu perlu punya teori dulu seperti apa sih kebiasaan atau aktivitas belajar yang optimal, dan untuk itu di Artikel sebelumnya kita membahas Mitos mitos seputar belajar supaya kamu bisa unlearn atau belajar meninggalkan pemahaman yang salah seputar belajar jadi bisa learn, atau mempelajari kembali bagaimana seharusnya kamu belajar.
Baca Juga : Mitos Mitos Seputar Kecerdasan Siswa
Oke Cukup Sekian Artikel saya tentang Penyebab Kegagalan Siswa Dalam Belajar, Share Pengalaman kamu tentang motivasi kegiatan belajar kamu di kolom komentar agar semua orang tau, Share Artikel ini jika bermanfaat. Terimakasih
0 Response to "Penyebab Kegagalan Siswa Dalam Belajar"
Posting Komentar